Recent Posts

Kamis, April 29, 2010

Komunikasi,Simpel yang ribet

Seorang teman lama (STL): "Kuliah ngambil jurusan apa sar?"
Saya (S): "Ilmu Komunikasi."
STL : "napa pilih Komunikasi,bukannya sejak lahir kita memang diciptakan bisa berkomunikasi?"

Yah,dialog tersebut bukan hanya satu-dua kali saja saya lakukan. bahkan berkali-kali jika bertemu dengan keluarga,teman papa, teman mama, teman lama bahkan orang yang baru berkenalan dengan saya.
kalau ada yang bertanya seperti itu, jawaban pertama saya adalah karena saya memandang profesi Jurnalis itu keren, dalam hal ini tentu saja jurnalis yang benar-benar jurnalis. Bukan jurnalis/wartawan (maaf) gosip/infotaiment, karena saya menganggap wartawan gosip sangat melenceng dari paham jurnalistik sebenarnya.

dan alasan kedua buat saya, Komunikasi itu merupakan topik yang unik dan menarik.Peter Drucker dalam Buku Seni Ngobrol dari John C Maxwell (Tips Komunikasi) mengatakan “Hal terpenting dalam berkomunikasi adalah mendengar apa yang tidak terucap”. kutipan ini semakin meyakinkan saya bahwa komunikasi itu sangat unik dan menarik. buat saya, mendengarkan apa yang tidak terucap itu sulit sama halnya saat kita berkomunikasi dengan orang bisu, tapi di komunikasi saya di ajarkan bagaimana kita bisa membaca bahasa tubuh orang lain tanpa harus mengucapkan kata-kata.

Saya pernah membaca sebuah buku dan dalam buku itu dikatakan bahwa Siapa yang menguasai komunikasi bisa menguasai dunia juga. dalam artian,komunikasi itu sangat luas seluas dunia.sebenarnya sich komunikasi itu sesuatu yang simpet tapi ribet. kok bisa?? buat saya Komunikasi yang salah bisa mengakibatkan hal yang benar jadi salah, Komunikasi yang benar bisa mengakibatkan hal yang salah jadi benar, Komunikasi yang benar bisa mengakibatkan hal benar menjadi bernilai dan Komunikasi salah bisa mengakibatkan hal bernilai menjadi salah dan tanpa nilai. simpel yang ribet kan? makanya sampai saat ini masih sering terjadi kesalah pahaman.
Dari sinilah saya selalu berpikir bahwa tidak akan ada habisnya kita belajar komunikasi karena komunikasi itu penting dan sangat luas.

sampai sini aja tulisannya,, sebenarnya sich pembahasan tentang pentingnya komunikasi itu sangat panjang dan tidak ada habisnya. tapi hal inilah yang buat saya sulit untuk membahasakannya. yah, salah satu bukti bahwa komunikasi itu simpel yang ribet..hehehhe.


Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan...silahkan....terima saran dan kritikan juga..